Hempaskan Say…



6 ciri manusia indonesia, Gerakan Warga GKJW, Gerakan Warga GKJW

Sebulan lebih keramaian di grup Fb GREJA KRISTEN JAWI WETAN (GKJW) ini. Diawali gelombang kejut bernama dana talenta abadi yang terkena masalah dalam pengelolaan, keriuhan lantas berkembang kemana-mana. Ada kritik, ada pembelaan. Ada motivator, ada komentator. Ada yang garis keras, ada yang garis lucu.

Saya tidak akan posting soal salah kelola dana talenta abadi. Sebab buat saya urusannya jelas: ada pelanggaran prosedur, kecerobohan dan kemiskinan pemahaman di tangan pengelolanya. Bila beda pendapat dengan saya soal itu, tak masalah, sila gelar data lantas berdiskusi.

Sekali ini saya justru kangen dengan mendiang Mochtar Lubis. Sastrawan cum aktivis sosial ini menulis dengan baik soal manusia Indonesia.

Ya, manusia Indonesia. Seperti saya dan kita semua di grup Facebook yang mulia ini. Ada enam hal yang ia kritik terkait manusia Indonesia. Mungkin kritiknya terdengar pedas. Orang Indonesia dianggap tak mau bertanggungjawab, suka mengelak dan senang tahayul. Walau demikian, ada juga sisi positif, yakni mereka artistik dan suka harmoni.

Semoga saja warga GKJW tidak termasuk dalam kelompok dengan kekurangan karakter semacam itu.

Title: Hempaskan Say…
Permalink: https://gkjw.org/1019-hempaskan-say/
Category: Artikel