Sugeng Bujono – Menuju Bujono Suci Pembangunan – Bagian 7 – Akhir



Propaganda - Menuju Bujono Suci Pembangunan - Bagian 1, Gerakan Warga GKJW, GKJW.org

Sugeng Bujono – Menuju Bujono Suci Pembangunan – Bagian 7 – Akhir

6 Agustus 1945 bom atom uranium jenis bedil (little boy) menghancurkan Hiroshima. 9 Agustus 1945 bom plutonium jenis implosi (fat man) di Nagasaki Jepang. Amerika Serikat lah yang menjatuhkan bom itu. Dengan persetujuan Britania Raya sebagaimana tertuang dalam perjanjian Quebec.
Sejarah penggunaan senjata Nuklir untuk pertama dan terakhir. Mengakhiri Perang Dunia ke II.

Keadaan di Indonesia pun berubah. Masa kekuasaan Jepang berakhir. Semua tawanan dibebaskan dari kamp kamp interniran. Dengan keadaan yang mengenaskan. Catatan dari seorang Romo Katholik: yang keluar (selamat) mengalami stres. Kalau tidak mau dikatakan gila.

Mei 1946 di KERTOREJO para pendeta GKJW, baik yang tergabung dalam MA dan RPK duduk bersama. Berbicara bersama. Sampai satu titik. Satu pilihan bulat. Melanjutkan "pekerjaanNya" bersama. Mengikhlaskan yang lalu. Menatap kedepan bersama.

6-9 Agustus 1946 diadakan sidang Majelis Agung ke 20 di Mojowarno. Sudah lama MA tidak bersidang, semenjak selama pendudukan Jepang. Terakhir 10 – 11 Maret 1941 Sidang ke 19 di Malang.
Sebelum masuk agenda sidang. 6 Agustus 1946 dilaksanakan Perjamuan Kudus. Ada sekitar 80 peserta yang hadir. Melakukan bujono suci dalam penghayatan pengampunan dan pertobatan. Perjamuan yang tersedia bagi mereka yang menyesal karena dosanya. Perjamuan yang dapat "menyembuhkan".

Sampai saat ini hanya GKJW yang melaksanakan Perjamuan Kudus Pembangunan ini.
Dalam tata dan pranata nya tertulis,
Perjamuan Kudus adalah tanda kudus yang ditetapkan oleh Tuhan Allah untuk umat milikNya yang mengandung penghayatan akan kematian dan kebangkitan Yesus Kristus.

Dalam memori penjelasannya,
Yang dimaksud dengan "menghayati" adalah kegiatan batin yang terus menerus dilakukan oleh seseorang untuk mentransformasikan hal hal yang sudah lama terjadi ke dalam kehidupan sekarang sehingga orang yang bersangkutan memiliki kepastian bagi masa depan.

Dan akhirnya Sugeng Bujono Suci Pembangunan.
Salam Patunggilan kang Nyawiji.

Bagian: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

Oleh: Hadiyanto
embeumkm.com

Title: Sugeng Bujono – Menuju Bujono Suci Pembangunan – Bagian 7 – Akhir
Permalink: https://gkjw.org/810-sugeng-bujono-menuju-bujono-suci-pembangunan-bagian-7-akhir/
Category: Artikel