Menjadi Sahabat Allah



Menjadi Sahabat Allah, Gerakan Warga GKJW, Gerakan Warga GKJW.org

HARI RAYA KENAIKAN TUHAN KE SORGA
Bacaan 1, LUKAS 24: 44-53
Bacaan 2, KISAH PARA RASUL 1:1-11
Tema : MENJADI SAHABAT ALLAH

Bapak/ibu/saudara yang dikasihi Tuhan,
Hari ini secara khusus kita memperingati sebuah peristiwa Sorgawi yaitu ketika Tuhan Yesus terangkat ke Sorga. Peristiwa ini dikenal sebagai hari ASENSI atau kenaikan Tuhan. Beberapa fakta yang dapat disampaikan tertera sebagai berikut :
• Hanya beberapa injil saja yang mencatat peristiwa ini. Yaitu di Markus 16:19 (satu ayat saja) dan di Lukas 24:50-53. Injil Yohanes tidak mencatatnya dan di Injil Matius pasal 28 tidak secara eksplisit menyebutnya, namun ada kesamaan tempat yaitu di sebuah bukit (Mat 28:16)

• Secara khusus, hanya Lukas saja yang menceritakan peristiwa kenaikan Tuhan ini dalam 2 (dua) bukunya. Yaitu di Injil Lukas dan Kisah Para Rasul yang sama-sama ditulis oleh orang yang sama, yaitu Lukas Sang Dokter.

• Dalam kedua bukunya, Lukas selalu mengalamatkan tulisannya kepada seseorang bernama Teofilus. (Silakan cek Lukas 1:1-4 dan Kisah 1:1-4) Teofilus dari kata Yunani Theos dan Philia yang berarti ‘’Sahabat Allah’’. Pengertian terhadap ini ada dua, yang pertama merujuk pada nama seorang Roma yang menjadi sponsor penulisan Lukas. Sedang yang kedua, teofilus menunjuk pada siapapun yang menjadi sahabat atau pengikut Yesus.

• Kita memfokuskan diri bagaimana untuk menjadi sahabat atau pengikut Yesus. Sahabat bermakna teman yang sangat akrab. Maka menjadi sahabat Yesus berarti memiliki keakraban denganNya. Menurut Lukas, keakraban bersama Yesus diwujudkan melalui bersedia menjadi saksiNya kemanapun Tuhan mengutus kita. (Luk 24:48 dan Kisah 1:8). Buah dari kesediaan hati menjadi saksi Yesus adalah sujud menyembah kepadaNya dan mengisi hidupnya dengan kesukacitaan (Luk 24:52)

• Hari ini selama sebulan penuh kedepan (21 Mei – 21 Juni 2020) dicanangkan sebagai Bulan Kesaksian dan Pelayanan GKJW. Warga Jemaat diajak untuk mewujud-nyatakan menjadi teofilus-teofilus masa kini dengan bersaksi yang baik dan benar tentang karya Allah di dalam hidupnya. Menjadi sahabat Allah adalah ketika kita mau bersaksi dan melayani demi namaNya.

Selamat merayakan Hari Raya Kenaikan Tuhan ke Sorga. Tuhan Yesus memberkati kita sampai selama-lamanya. Amin.

Pdt. Argo Daniel Satwiko, GKJW Bulusari

Title: Menjadi Sahabat Allah
Permalink: https://gkjw.org/32-menjadi-sahabat-allah/
Category: Renungan