Teka Teki Silang – TTS



gkjw-alkitab-teka-teki-silang

Bacaan : YOHANES 13: 1-20
Tema : Teka Teki Silang – TTS

Ibu/bapak/saudara yang dikasihi Tuhan,
Setiap kita tentu pernah menghadapi permasalahan hidup yang datangnya bertubi-tubi serentak. Sampai ada pepatah mengatakan sudah jatuh tertimpa tangga. Menghadapi masalah yang demikian tentu mendatangkan kerepotan bahkan sampai kebingungan untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut karena semuanya nampak seperti benang ruwet. Pertanyaannya, bagaimana ya caranya untuk menemukan solusi atas permasalahan yang kita hadapi?

Demikian pula yang dialami oleh para murid Tuhan Yesus dalam bacaan kita hari ini yaitu Injil Yohanes 13:1-20. Setting kisah ini adalah peristiwa yang mengawali perjamuan makan terakhir antara Tuhan Yesus bersama murid-muridNya. Di situ Tuhan Yesus secara tidak terduga melakukan pembasuhan kaki kepada muridNya satu per satu! Respon yang timbul jelas para murid merasa bingung, heran, canggung, malu, serba salah, dsb. Itu terlihat jelas dari ucapan-ucapan yang disampaikan Petrus kepada Gurunya (ay.6,8,9). Tuhan Yesus menyadari dengan jelas kebingungan para muridNya itu, maka Dia berkata: ‘’apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak’’ (ay.7). Ditambahkan pula bahwa Tuhan Yesus memberikan semacam tuntunan/panduan kepada para murid supaya mereka pun melakukan seperti yang diteladankan Tuhan. (ay.14-15)

Kita memang tidak dituntut untuk menjadi yang Mahatahu akan segalanya yang terjadi dalam kehidupan ini. Namun bukan berarti kita menjadi lemah dan tidak mampu menyelesaikan permasalahan hidup. Tuhan Yesus sudah memberikan suatu contoh keteladanan bahwa masalah dapat diselesaikan kalau kita mau dan mampu menghadapi bahkan menyelesaikannya satu per satu. Untuk menuju Golgota, Tuhan Yesus harus melalui Getsemane – rumah Kayafas – Istana Herodes – Pengadilan Pilatus – Jalan salib – hingga sampai di Golgota. Tuhan mengajarkan untuk menghadapi masalah mulai dari yang paling sederhana, lalu meningkat kepada masalah yang lebih rumit. Terkadang jalan keluar bisa ditemukan karena kita sudah terlatih menyelesaikan suatu kasus masalah.

Ibu/bapak/saudara yang dikasihi Tuhan,
Pola penyelesaian masalah dari yang sederhana dan meningkat ke hal yang rumit itu ada seperti ketika kita mengisi TTS (Teka Teki Silang). Maka sebagai sebuah aktivitas yang dapat dilakukan bersama dengan keluarga, maka kali ini disediakan lembar TTS Rohani untuk dapat anda kerjakan bersama. Mulailah dengan menjawab yang mudah dahulu. Lalu dari huruf-huruf bantuan coba selesaikan persoalan yang lebih rumit.

Selamat mencoba. Tetaplah bersukacita. Tuhan memberkati kita semua.

Pdt. Argo Daniel Satwiko, GKJW Bulusari

Title: Teka Teki Silang – TTS
Permalink: https://gkjw.org/44-teka-teki-silang-tts
Category: Renungan