Warga GKJW Tetulung



Warga GKJW Tetulung

Gambar ilustrasi adalah beberapa postingan di beberapa Whatsapp Grup dan juga sosial media Facebook. Itulah postingan dari beberapa pelaku UMKM GKJW yang sedang mempromosikan lapak dan dagangan rekan sejawatnya di embeumkm.com

Bagi saya, ini sebuah ide bagus yang sebenar-benarnya.

Kekuatan warga se-GKJW,
kalo digunakan utk memberi traksi awal kepada akun-akun sosmed milik UMKM GKJW, jumlahnya cukup utk mendongkrak statistik game sosmed.

game sosmed ? opo maneh iki ?

Social game atau kalau di-indonesiakan menjadi game sosmed, adalah aktivitas re-share, nge-share, nge-like, re-twit dan nge-love terhadap sebuah postingan sosial media di platform tertentu. Platform sosial media yang dimaksud adalah Facebook (FB), Twitter (TWTR), Instagram, Whatsapp, Line.me, Telegram dan platform-platform lainnya.

Saat ini, warga dewasa se-GKJW mencapai 80.000 jiwa, kalau diasumsikan penetrasi pasar hape (gawai, smartphone) sebesar 50% saja, maka sudah mencapai 40.000 orang. Bila hanya 10% saja orang yang aktif menggunakan sosmed setiap hari, maka setidaknya ada 4000 orang setiap hari.
4000 orang/hari bukanlah angka yang kecil bila semuanya bergotong-royong saling bahu membahu membantu UMKM se-GKJW untuk memasarkan produk-produknya.

4000 orang/hari adalah angka yang sangat besar.

Memang aktivitas game sosmed membutuhkan waktu dan perhatian khusus, tetapi hal tersebut hal yang sangat lumrah kita lakukan setiap hari. Hampir tiada hari tanda share status, ngelike dan ngeshare.
Kalaupun game sosmed tadi tidak dilakukan setiap hari, setiap status dan setiap dagangan, hal tersebut sudah sangat membantu UMKM se-GKJW dan pasti berdampak positif ke upaya promosi UMKM.

Game sosmed se-GKJW ini adalah salah satu kekuatan GKJW yang belum pernah digunakan sama sekali. Inilah respon terhadap tulisan pendeta Teguh Setyoadi di gkjw.org

Jadi,
membantu UMKM se-GKJW tidak hanya dengan membeli setiap produk-produknya,
tetapi bisa juga dengan sentuhan jari-jari kita di gawai hape masing-masing.

#wargagkjwtetulung
embeumkm.com

Title: Warga GKJW Tetulung
Permalink: https://gkjw.org/616-warga-gkjw-tetulung
Category: Bineka