Semangat Gotong Royong



Semangat Gotong Royong GKJW

Saudaraku yang terkasih,
Kata gotong royong tidak asing bagi kita.
Gotong royong ini merupakan sikap hidup masyarakat Indonesia yang bersedia bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Istilah ini berasal dari kata gotong yang berarti bekerja dan royong yang berarti bersama.
Istilah ini diturunkan dari budaya masyarakat desa yang saling menolong ketika membangun dan memindahkan rumah, menggotongnya bahu-membahu dengan tandu dari batang royong (ruyung – batang pohon pinang/jambe).

Dalam menghadapi pandemi global Covid-19, kepekaan hati dan solidaritas sosial kita yang menjadi dasar sikap gotong royong terus diuji. Apakah kepekaan hati dan solidaritas kita tumpul atau malah cemerlang. Namun dari berbagai media, kita mengetahui bahwa beragam bentuk kepedulian sosial hadir di masyarakat dalam menyikapi warga yang terinfeksi Covid-19 maupun yang terdampak secara sosial ekonomi. Masyarakat menerapkan gotong royong di tengah pandemi Corona patut ditiru dan sudah dilakukan rakyat Indonesia dari Aceh hingga Papua.

Bagi orang percaya, bergotong royong merupakan sikap menerapkan hukum Kristus. Bertolong – tolonglah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus. Terlebih kita patut bergotong royong menghadapi dampak pandemi global virus Corona Covid-19 ini.

Dalam situasi yg sulit, menumbuhkan kepekaan hati dan solidaritas sosial dari GEREJA melalui Pokja PEW, dengan melahirkan situs embeumkm.com. Situs ini sebagai etalase produk UMKM warga GKJW. Melalui situs embeumkm.com ini sikap goyang royong sebagai PATUNGGILAN KANG NYAWIJI dalam bidang ekonomi dapat diwujudkan. GKJW sebagai saudara Tunggal Darah dalam Kristus dapat diwujudkan secara nyata.

Namun dampak positif dari embeumkm.com masih belum bisa dirasakan oleh seluruh UMKM warga GKJW. Masih banyak pelaku UMKM belum mendapatkan informasi yang cukup terkait situs embeumkm.com. Karena itu, DPP bersama pokja PEW akan menyelenggarakan pertemuan online dengan mengundang seorang utusan dari KPPD, Pokja PEW Daerah, Pokja PEW Jemaat atau KPPJ se GKJW. Pertemuan online ini akan dilakukan besok pada hari Rabu, tanggal 1 Juli 2020 pukul 19.00 – 21.00 melalui Zoom, dari rumah masing-masing.
Lewat pertemuan ini diharapkan situs embeumkm.com dapat diketahui oleh para pendamping pelaku UMKM warga GKJW. Dan dapat menjadi salah satu solusi pemasaran produk UMKM warga GKJW.

Saudaraku yang terkasih,
Pandemi Covid-19 ini memang telah menjelma dari krisis kesehatan menjadi krisis sosial ekonomi. Kepekaan hati dan solidaritas sosial yang menjadi dasar sikap gotong-royong menjadi kekuatan untuk melewati masa yang sulit ini. Kita optimis mampu melewati masa sulit pandemi ini secara bersama-sama. Tuhan memberkati maksud baik kita.

Mutersari, 30 Juni 2020
Salam dan doa

Pdt. Teguh Setyoadi
Pokja PEW GKJW bersama Komunitas UMKM warga GKJW
embeumkm.com

Title: Semangat Gotong Royong
Permalink: https://gkjw.org/612-semangat-gotong-royong
Category: Bineka