Kesempatan



GKJW kesempatan

Sahabatku yg terkasih,
Kesempatan itu merupakan peluang yang datangnya dibatasi oleh waktu. Agar kita dapat mempergunakan kesempatan dengan sebaik – baiknya maka dibutuhkan keputusan yang cepat dan sekaligus tepat. Namun jika kesempatan itu kita abaikan begitu saja, maka kesempatan itu akan hilang dengan sendirinya ditelan oleh waktu. Akhirnya kita kemudian menyesal.

Pokja PEW GKJW telah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi para pelaku UMKM warga GKJW untuk mempromosikan produknya melalui situs embeumkm.com. Situs ini merupakan etalase produk UMKM warga GKJW, namun belum dimanfaatkan secara maksimal.

Ada beberapa tipe orang dalam menggunakan kesempatan.

Pertama, tipe orang yang lemah.
Bila kesempatan belum datang dia akan menunggu dan menunggu dengan sabar sampai kesempatan itu datang. Karena sudah lama menunggu kesempatan itu belum juga datang, maka dia akan mengambil keputusan untuk meninggalkannya. Namun, ketika kesempatan yang ditunggu datang, justru kesempatan itu berlalu begitu saja. Dan dengan perasaan putus asa, orang ini berkata memang sudah nasibku.

Kedua, tipe orang yang kuat.
Bila kesempatan belum datang dia akan menggunakan berbagai macam cara (baik yang positif maupun negatif), untuk menciptakan kesempatan itu ada dan datang padanya. Orang tipe seperti ini mempunyai prinsip kesempatan tidak datang begitu saja, tetapi kesempatan harus dicari, kalau bisa bahkan diciptakan.

Ketiga, tipe orang cerdik dan berhikmat.
Bagi orang tipe cerdik dan berhikmat, akan memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya. Karena dia menyadari bahwa kesempatan adalah karunia Tuhan yang sangat berharga, belum tentu kesempatan itu akan datang untuk kedua kali.

Keempat, tipe orang percaya.
Sebagai orang yang percaya, kesepakatan itu karunia Tuhan. Namun dalam memanfaatkan kesempatan tetap berpedoman pada kasih Tuhan. Dalam situasi yang sulit justru mempergunakan kesempatan untuk berbuat baik. "Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang tetapi terutama kepada kawan – kawan kita seiman (Galatia 6:10).

Bapak Ibu dan saudara yang terkasih,
Dalam memulai sekaligus mengembangkan usaha, pasti ada kesempatan yang terbaik. Pikirkan dengan dengan sebaik-baiknya supaya dapat mengambil keputusan yang terbaik. Jadilah orang yang cerdik, berhikmat serta beriman sehingga keputusan yang diambil selalu mendatangkan kebaikan bagi semua orang. Tuhan memberkati kita.
Salam dan doa dari embeumkm.com

Pdt. Teguh Setyoadi
Pokja PEW bersama komunitas UMKM warga GKJW
embeumkm.com

Title: Kesempatan
Permalink: https://gkjw.org/557-kesempatan
Category: Bineka