Rangkuman BBS P2 Pokja PEW GKJW



Rangkuman BBS P2 Pokja PEW GKJW

Sahabat UMKM warga GKJW,
Bincang Bincang Santai PERIODE 2 (BBS P2) secara online yang kami lakukan pada hari Rabu 24 Juni 2020 dapat berjalan dengan baik. Tema BBS P2 adalah "UMKM GKJW DI MASA PANDEMI: Persoalan dan Solusinya" Dengan sub Thema berjualan secara aman melalui embeumkm.com Adapun rangkuman hasil BBS P2 sebagai berikut:

A). Membangun trust.
Perlu di ketahui bersama bahwa berjualan secara online itu berbeda dengan berjualan secara offline/tatap muka. Berjualan secara online didasari rasa saling percaya (trust) antara penjual dan pembeli. Bila tidak ada saling percaya sangat mustahil (tidak mungkin) terjadi proses jual beli.
✓ Sebagai penjual,
Para penjual di embeumkm.com pasti kita telah memiliki TRUST yg baik. Kita bisa dipercaya oleh pembeli karena kekerabatan, pertemanan dan Saudara Tunggal darah dalam Kristus melalui GKJW. Nah, inilah modal utama sebagai penjual, yang telah dimiliki oleh embeumkm.com
✓ Sebagai pembeli,
kita juga tidak tahu dengan pasti apa para pembeli juga dapat dipercaya. Yang pasti, sebagai pembeli tidak ingin kehilangan uang. Sebaliknya, dari penjual juga tidak ingin kehilangan barangnya.

B). Penataan manajemen:
Untuk memperkuat Trust (sebagai orang yang bisa dipercaya) perlu penataan management; sehingga trust dapat terus dipertahankan dan tidak disalahgunakan.
Bagi penjual,
√ Pastikan telah terjadi transaksi dengan benar dan tepat.
√ Pastikan barang yang akan dikirim sesuai dengan pesanan baik mutu maupun jumlah.
√ catat dan simpan data sebagai bukti transaksi sampai barang diterima pembeli.
Ini untuk berjaga-jaga seandainya terjadi masalah di kemudian hari.

C). Sistem pembayaran.
Minimal ada tiga macam pembayaran
– COD : Cash On Delivery (dibayar ketika barang sudah sampai). Sistem ini untuk barang yg nominal kecil. Walaupun nilai nominal kecil tetapi jika pesanan dalam jumlah besar sehingga nilainya besar harus berhati hati.
– Bayar di depan, artinya Barang di bayar lunas dulu sesuai kesepakatan, baru dikirim. Namun penjual harus berhati-hati dengan penipuan bukti transaksi. Harus cek ke rekening dulu supaya diketahui dengan pasti bahwa uang benar-benar sudah dikirim.
– Deposit; yaitu pembeli menitipkan uang dahulu pada penjual, baru barang bisa dikirim. Ini biasanya untuk pembeli yg sudah berlangganan atau seller.
Catatan :
Dalam menerapkan sistem pembayaran ini sangat tergantung kesepakatan awal ketika bertransaksi. Ada yang menerapkan secara luwes karena yg pesan orang sudah dikenal dan dapat dipercaya. Untuk produk yang bernilai tinggi, setelah terjadi transaksi membayar 50%, setelah terbayar lunas baru dikirim.
Penjual juga harus mewaspadai pembelian dengan utang, walaupun itu pelanggan. Ujilah dan pastikan tidak ada NIAT untuk menipu.
Untuk pembeli yg jauh dan nilai transaksi besar, bisa meminta orang lain yg bisa dipercaya untuk bertemu dengan penjual. Setelah bertemu dan trust sudah terbangun, makan bisa dilakukan pembayaran uang muka.

Yang harus diingat, prinsip penjualan online adalah barang sudah dibayar, lalu barang dikirimkan kepada pembeli.

D). Memaksimalkan promosi embeumkm.com
Dalam berjualan secara online maupun secara langsung membutuhkan pembeli.
Jika embeumkm.com diibaratkan sebagai pasar, maka embeumkm.com ini perlu dipromosikan secara gencar dan masif.
– Dalam mempromosikan dengan melibatkan jalur kelembagaan ( DPP MA, KPPD dan Pokja PEW Daerah, KPPCK dan Pokja PEW Jemaat), lewat FB group, IG, WAG baik milik anggota UMKM, maupun lembaga; membuat dan menyebarkan brosur yg ditempel pada pengumuman Jemaat se GKJW.
– Membuat dan menyebarkan logo embeumkm.com supaya lebih dikenal.

E) Menata ulang WA Group yang ada.
– untuk memaksimalkan WAG "UMKM GKJW Belajar Online" sebagai group belajar, maka sangat diharapkan anggota group secara aktif memanfaatkan group belajar sebagai media pembelajaran. Di group ini bisa dilakukan bersama.
– Untuk WAG "Promosi UMKM EMBE 19" diharapkan dapat dipakai sebagai media promosi. Diharapkan, promosi senantiasa memakai link embeumkm.com. Kalau yg belum bisa, bisa kontak ke pak Dwi Kristianto. Atau mohon memperhatikan dari petunjuk yg sudah di share sebelumnya.
– direncanakan membuat group baru, yang di peruntukan bagi UMKM Pemula. Supaya bisa belajar dari awal.

F). Menata waktu Bincang Bincang santai.
Sudah dua kali Pokja PEW bersama team melakukan BBS (Bincang-bincang Santai), tetapi hanya sebagian yg bisa terlibat. Sesuai rencana BBS akan kami lakukan setiap hari Rabu. Hanya waktu yg menyesuaikan.

Kami ingin masukkan dari anggota UMKM, Jam berapa waktu yg paling ideal untuk melakukan BBS. Mohon memilih salah satu.
1). 14.00 – 16.00
2). 17.00 – 19.00
3). 20. 00 – 22.00
4). 19.00 – 21.00

Alternatif lain

G). Kecepatan akses web embeumkm.com
Menurut yang membuat, web embeumkm.com itu memiliki kecepatan tinggi. Bila dianalogikan dengan kecepatan mobil, web embeumkm.com sebanding dengan kecepatan MOBIL VERARI. Mobil yg sangat cepat dan mewah. Tapi sayang belum didukung dengan foto2 dan narasi (konten) yg memadai. Para anggota UMKM warga GKJW harus terus belajar bagaimana dapat menyajikan konten yang terbaik. Pergumulan ini akan menjadi materi BBS di kemudian hari.

Catatan tambahan, menindaklanjuti percakapan dalam BBS P2, maka Pokja PEW bersama team kreatif akan melakukan rapat online dengan seluruh Anggota DPP MA. Pak ketua DPP yang akan mengatur waktunya.

Kami menyampaikan terima kasihnya kepada DPP MA, Team Kreatif POKJA PEW, para peserta BBS P2 yang telah menyumbangkan pikiran dan gagasan terbaik demi kemajuan UMKM warga GKJW melalui etalase penjualan Online embeumkm.com.

Kami juga mohon masukan dan saran dari Bapak & Ibu supaya web embeumkm.com dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan
Tuhan memberkati maksud baik kita.

Mutersari, 25 Juni 2020
Penyelenggara BBS P2

Pdt. Teguh Setyoadi
Pokja PEW bersama team kreatif serta komunitas UMKM Warga.
embeumkm.com

Title: Rangkuman BBS P2 Pokja PEW GKJW
Permalink: https://gkjw.org/568-rangkuman-bbs-p2-pokja-pew-gkjw
Category: Bineka