Siwering Kawilujengan – Menuju Bujono Suci Pembangunan – Bagian 4



Siwering Kawilujengan - Menuju Bujono Suci Pembangunan - Bagian 4, Gerakan Warga GKJW, Gerakan Warga GKJW.org

Siwering Kawilujengan – Menuju Bujono Suci Pembangunan – Bagian 4

Dengan tuduhan pro kolonial, antek Belanda. Siapapun yang menangkap JEROBEAM MATTHEUS MATDAKIM adalah kesalahan besar. Bahkan sampai meninggal pula. Jika KEMPETAI Jepang mendapatkan dari KIPAS HITAM (mata-mata pribumi), informasi salah. Informan antiKris mendompleng Nippon.

Mereka tidak melihat rekam jejak J. Mattheus. Lebih nasionalis. Lebih Indonesia dari orang yang menangkapnya.

Jerobeam Mattheus lahir di Surabaya tahun 1885. Anak kedua dari MATIUS MATDAKIM dan YUSTINAH, pendiri dan pemimpin Jemaat Surabaya pertama. Setelah lulus dari sekolah calon guru di Mojowarno, tahun 1904 mengganti bapaknya sebagai pemimpin Jemaat Surabaya. Pemimpin Jemaat yang berbeda. Gemar menulis. Suka berorganisasi dan berorasi. Pas sesuai jamannya. Jaman pergerakan untuk kemerdekaan. Banyak berdiri kelompok kelompok studi sampai organisasi. Di Surabaya lagi.

Ini catatannya :
1901. Masih 16 tahun, masih sekolah di Mojowarno. Membuat majalah AMONG SISWO bersama DRIYO MESTOKO dan ARBAN. 1909. Mendirikan RENCONO BUDIJO. 1912. Berubah menjadi MARDI PRACOYO. 1913 – 1921. Pemimpin surat kabar BINTANG SOERABAJA. Anggota JONG JAVA Surabaya. 1913. Membentuk RETNO MAROJO. 1914. Mendirikan kelompok orkes, gesek, tiup paduan suara POEDIJO SWORO. 1918. PERSERIKATAN KAUM CHRISTEN (PKC). 1929. Ketua pembangunan GKJW Malang. 1932. Pengurus TIONG HWA KIE TOK KAUW HWEE (THKTKW) cikal bakal GKI (Jatim)
Dan masih banyak lagi.

Seperti "siwering kawilujengan". Jerobeam Mattheus ada dimana – mana. Menembus batas kotak sekat sekat. HOS Tjokroaminoto pendiri SAREKAT ISLAM pun, ia berteman akrab. Ia sering datang dan diundang berorasi di Peneleh.

Teologinya adalah : Rancangan Keselamatan Allah milik semua orang. Baik yang percaya maupun tidak.

Dalam kesempatan ia berorasi otokritik : Mengeluarkan konsep SIWERING KAWILUJENGAN. Bagaimana Seharusnya orang Kristen (Jawa) untuk menjadi siwering kawilujengan di tengah bangsanya. Sphere of Salvation, cahaya keselamatan. Yang bisa di lihat bangsanya. Dilihat semua orang.

Dan saya ingin berkunjung ke "rumahnya". Sekedar berucap, terimakasih.
Saya terlahir di Jemaat Surabaya. Bukan saja merasakan peninggalan gedung nya, tapi peninggalan nilai yang luar biasa.
Adakah yang bisa menunjukkan alamat kediamannya sekarang ?
Matur Nuwun

Bagian: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

Oleh: Hadiyanto
embeumkm.com

Title: Siwering Kawilujengan – Menuju Bujono Suci Pembangunan – Bagian 4
Permalink: https://gkjw.org/801-siwering-kawilujengan-menuju-bujono-suci-pembangunan-bagian-4/
Category: Artikel